Cara Memasang kabel UTP LAN

Buat yang baru belajar teknik komputer dan jaringan.. Aku kasih caranya pasang kabel LAN.. Nah langsung aja gak usah pake lama, langsung aja aku kasih tahu gimana cara buat bisa bikin jaringan LAN dengan Kabel UTP.

1. Siapin Konektor RJ-45 standar yang dipakai buat LAN
2. Siapin kabel UTP (dengan 8 warna standar, dah tau kan) dan tentunya sesuai kebutuhan
3. Siapkan tang Krimping (tang ini berguna untuk mengunci RJ-45 nya)
4. Cuter, pisau, atau pemotong kabel lainya
5. Kupas kulit kabel UTP sepanjang 7cm (seukuran panjang RJ-45 lebih sedikit)
6. Rapikan dan tatalah dengan urutan warna (putih-orange, orange, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-cokelat, cokelat)
7. Kemudian potong ujung kabel yang sudah dirapikan tsb. hingga sejajar dan rapi
8. Masukan ujung yang rapi ke dalam RJ-45 hingga semua ujung terlihat dari depan kepala RJ.
9. Krimpinglah badan RJ, masukan pada tempat yang ada dalam tang Krimping tersebut.
10. Buatlah dengan langkah yang sama pada ujung kabel UTP satunya
11. Jika sudah selesai, maka ujilah kabel tsb. dengan cable tester (jika memungkinkan ada)
12. Jika sudah beres (lampu tester menyala secara urut dari satu sampai delapan, maka pembuatan LAN dengan kabel UTP berhasil)

Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

Iklan

, ,

Tinggalkan komentar

Top Antivirus 2011

Dalam domain teknologi informasi saat ini, virus yang banyak berbicara tentang kata. Baik virus dan spyware yang mengancam keamanan komputer. Jika komputer terinfeksi oleh virus atau spyware, Anda tidak pernah dapat menikmati komputasi yang aman. Pilihan terbaik adalah memiliki virus removal software yang tepat diinstal pada komputer Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan perusahaan komputer perbaikan online untuk menawarkan dukungan penghapusan virus dalam hal ini.

Ada beberapa program perangkat lunak antivirus yang tersedia di pasar. Ingin tahu yang Virus Removal Software adalah yang terbaik? Pada artikel ini kita akan membahas tentang beberapa program perangkat lunak atas antivirus pada tahun 2011.

Baca entri selengkapnya »

, ,

Tinggalkan komentar

Wireless

Jaringan yang menggunakan media transmisi wireless atau nirkabel atau tanpa kabel sering disebut WLAN. LAN Yang menggunakan media transmisi wireless bisa berupa frekuensi radio, inframerah ataupun sinar laser untuk berkomunikasi di antara work station dan file server ataupun hub. Tiap-tiap segmen mempujnyai sebuah transceiver / antenna unjtuk mengirim atau menerima data. Jaringan model wireless ini sangat baik untuk komkputer laptop atau komputer remote untuk berkoneksi dengna LAN. Wireless juga menguntungkan apabila di sebuah gedung sangat sulit menginstalasi kabel. Jaringan yang menggunakan wireless mempunyai kerugian antara lain relative lebih mahal, tidak aman, dan riskan terhadap interferensi cahaya dan listrik, dan sangat lambat dibandingkan dengan penggunaan kabel. Kelebihannya adalah jaringan jenis ini portable (fleksibel tempatnya) dan jika menggunakan frekuensi radio dan tidak ada media penghalang bisa menjangkau lebih luas dibandingkan dengan kabel.

Tinggalkan komentar

Rinnegan story

Yang dimaksud bukan cerita rinnegan milik pain akatsuki..Tapi hanya mode-nya hampir sama..

Maaf ini bukan cerita penulis yang sebenarnya, saya hanya menulis berdasarkan cerita nyata teman yang malu untuk mempublikasikan..
Lets begin..
Terdapat 2 orang yang menjalin hubungan dekat namun dengan jarak yang jauh.. Long distance tepatnya.. Sebagian orang mungkin sulit melakukannya namun ada juga yang berhasil.. Teman saya bercerita bagaimana cara dia berpacaran, dari pulau jawa hingga ke sumatera.. Sebut saja Sasuke berpacaran dengan sakura, sasuke berasal dari jawa namun mempunyai pekerjaan di sumatera, terpaksa meninggalkan sakura untuk pekerjaannya namun sasuke berjanji akan kembali.. Setiap hari sakura terus mengeluh kesepian,sasuke juga sedih mendengarnya tapi harus bagaimana lagi, akhirnya sasuke meminta bantuan Neji (teman dekat sasuke) untuk menemani sakura.. Bisa di artikan sebagai tubuh pengganti dari sasuke karena sasuke tidak bisa menemani sakura secara langsung.. Hari demi hari sekura semakin dekat dengan neji, sakura selalu menceritakan hal2 yang dia alami dengan neji dan sakura terlihat sangat senang.. Sasuke menjadi agak sedih dan pesimis akan kelanjutan hubungannya.. merasa semakin jauh dengan sakura..

Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan komentar

Monbran Norland (Part II) Believe

Ni cerita lanjutan norland yang pertama.. Maaf nongolnya agak lama 🙂

Enjoy..

Semua penduduk tidak percaya dan menangkap semua teman norland, Namun norland mengadakan perjanjian dengan ketua suku jika saat petang tidak bisa membawakan obat untuk mereka, maka semua teman norland akan dibunuh.. Pagi, norland telah menemukan pohon kina yang dapat menyembuhkan malaria tersebut, namun dalam perjalanan kembali ke desa, terjadi gempa bumi hingga menjepit tubuh norland.. Pahlawan calgara melihat norland yang terjepit dan hanya diam saja.. Beberapa lama kemudian terlihat ular besar (dewa yang lain) ingin memangsa norland.. Namun calgara membunuh ular tersebut, dia berkata” Norland, kau tahu apa yang baru saja kubunuh???” Norland menjawab “ular”,,”Bukan, itu adalah dewa” jawab calgara.. Wanita yang akan dikorbankan itu adalah anakku!! Apa kau yakin bisa menyembuhkan kami semua!! Teriak calgara dengan keras.. Obat yang kalian butuhkan ada ditanganku yang satu sayangnya terjepit batuan ini, jawab norland.. Tak lama kemudian calgara membawa norland ke desa untuk menyembuhkan mereka dan alhamdulillah semua dapat terselamatkan, Akhirnya calgara dan norland menjadi teman akrab.. Norland diperbolehkan mengeksplorasi semua tanaman di pulau tersebut. Dia juga memotong semua pohon yang dianggap termasuk berbahaya untuk kesehatan mereka.

Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan komentar

Monbran Norland (Janji) Part I

Wah ini kayaknya satu-satunya cerita di one piece yang bikin seorang farmasi bangga.. Hehehehe.. Aku juga 🙂 Walaupun cuma cerita komik tapi hebat banget kata-katanya..

Ini ceritanya ” Seorang ahli obat2an tanaman yang bernama monbran norland sedang mengadakan ekspedisi ke banyak pulau untuk melakukan penelitian tentang obat.. Suatu hari ia dan rekan2 kapalnya mendarat disebuah pulau.. Pulau tersebut masih memiliki kebudayaan yang tradisional, masih percaya sama dewa atau hal2 gaib.. Suatu saat ia menemukan penduduk pulau tersebut terserang penyakit “Demam Hutan” (malaria) dan sudah menyebar ke seluruh pulau hingga korban berjatuhan satu demi satu.. Karena penduduk pulau tersebut masih sangat primitif, mereka berpikir bahwa dengan mengorbankan seseorang kepada Ular besar yang mereka pikir jelmaan dari seorang dewa, dapat mengusir penyakit mematikan tersebut.

Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan komentar

Manfaat Brokoli

Sumber serat dan vitamin yang kita konsumsi bisa kita dapatkan dalam sayur-sayuran. Ada satu penelitian menunjukan dalam kandungan sayuran brokoli memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan, khusunya untuk mencegah radang usus besar.

Dari hasil penelitian tersebut serat brokoli akan meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi pada pencernaan, dan para peneliti dari University of Liverpool ini melakuakan penelitian lebih lanjut apakah brokoli dapat dipakai sebagai obat untuk penderita/pasien penyakit crohn atau radang usus besar.

Penyakit crohn adalah satu penyakit di mana sipenderita mengalami keterbatasan menyerap cukup nutrisi, yang gejala utamanya adalahdiare berkepanjangan, kejang atau sakit perut, dan ada darah dalam kotoran tinja saat membuang air besar diikuti kelelahan dan menurunnya berat badan.

Baca entri selengkapnya »

3 Komentar